Kesaktian dari Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang Arif dan Bijaksana

Kesaktian dari Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran yang Arif dan Bijaksana! Prabu Siliwangi atau yang juga mempunyai nama masa kecil Raden Pamanah Rasa ini merupakan raja dari kerajaan Pajajaran yang sebelumnya bernama kerajaan Gajah. Adapun letak dari kerajaan ini adalah di atas tanah Pasundan. Oleh karena itu Prabu Siliwangi juga dikenal sebagai penguasa Pasundan kala itu.

Prabu Siliwangi sangat disegani oleh rakyat dan ditakuti oleh musuhnya. Hal ini dikarenakan selain mampu membawa kerajaan Pajajaran menuju puncak keemasannya dengan cara memerintah yang adil dan bijaksana, beliau juga dikenal sebagai raja yang amat sakti mandraguna. Kesaktian Prabu Siliwangi ini tidak bisa dilepaskan dari kegemaran beliau dalam melakukan tapabrata dan segala jenis meditasi untuk memperoleh berbagai ilmu.

kesaktian prabu siliwangi

Tentu saja ilmu tersebut digunakan untuk memperkuat kerajaan dan memakmurkan rakyat. Nah, ketika kita membicarakan Sang Prabu, seolah kita juga sedang berada di zaman keemasan tanah Pasundan dimana Prabu Siliwangi tengah bertahta. Ditambah dengan bumbu-bumbu berupa cerita akan kesaktian beliau yang diluar nalar manusia biasa. Hal ini dikarenakan Sang Prabu memiliki tentara yang bukan dari kalangan manusia saja melainkan juga bangsa jin dan siluman.

Cerita akan kesaktian Prabu Siliwangi yang sangat fenomenal di Sunda tentang hubungan pertemanan beliau dengan Maung Bodas alias harimau putih seolah menasbihkan istilah ‘Urang Sunda’ dengan Pajajarannya bagi masyarakat Pasundan saat ini. Kisah dan cerita tentang pasukan maung bodas atau macan putih ini sangat terkenal. Itulah juga alasan mengapa kita selalu menemukan lukisan macan putih di dekat lukisan Sang Prabu, bahkan tidak jarang pula dilukis sejajar dalam satu frame.

Baiklah, karena kali ini seperti yang sidah tertulis di bagian judul, kita akan membahas seputar cerita kesaktian Prabu Siliwangi, maka salah satu cerita yang kita oilih adalah kisah Sang Prabu dengan maung bodas yang diperoleh dari berbagai sumber dan juga berbagai versi. Dan kisah berikut adalah kisah yang hampir mendekati dengan kisah aslinya.

Cerita kesaktian Prabu Siliwangi dengn keberadaan maung bodas sebagai pendamping sekaligus sahabat beliau sudah sejak dulu ramai di tanah Pasundan ini, bahkan menjadi suatu tutur tinular, alias cerita yang dikisahkan dari mulut ke mulut. Namun, siapa yang menyangka jika ada peristiwa berdarah yag melatarbelakangi kemunculan maung bodas ini. Jadi bukan serta merta dihadiahkan kepada Sang Prabu begitu saja, ya!

Awal dari kemunculan maung bodas ini adalah pada saat Prabu Siliwangi mampu mengalahkan kemampuan si Maung oada saat menantang bertarung Prabu Siliwangi. Macan putih ini sendiri bernama Maung Bodas yang tidak lain adalah pimpinan para macan putih di kerajaan jin dan memiliki banyak sekali pasukan kuat dan sakti mandraguna. Itulah kenapa Maung Bodas dengan yakin mengatakan bisa mengalahkan Prabu Siliwangi.

Kesaktian Prabu Siliwangi yang mampu mengalahkan raja jin macan putih ini berawal dari peristiwa di mana saat itu beliau tengah beristirahat disatu curug yang bernama curug Sawer Majalengka untuk sejenak melepaskan lelah setelah mengembara. Nah, pada saat beliau lengah inilah sekawanan tentara ghaib dari maung bodas muncul dan menyerang Sang Prabu.

Setelah sadar akan datangnya bahaya, tentu saja Prabu Siliwangi tidak akan tinggal diam begitu saja. Dengan kekuatan reflek di awal pertarungan beliau mampu menahan serangan dari anak buah maung bodas. Tentu saja pertarungan antar kekuatan pun tidak bisa dihindarkan lagi. Antara Prabu Siliwangi dengan anak buah maung bodas bertarung sama-sama sengit dan hebatnya. Sampai pada akhirnya dengan kesaktian Sang Prabu para kawanan anak buah maung bodas tersebut dapat dikalahkan juga.

Berbekal dengan kesaktian Prabu Siliwangi inilah hingga tidak ada satupun dari beliau yang mendapatkan luka dari pertempuran ini. Justru sebaliknya, banyak dari pihak maung bodas yang terluka parah. Hingga akhirnya, melihat pasukannya banyak yang rebah, maung bodas sendiri lah yang datang kepada Prabu Siliwangi untuk menantang duel. Sekali lagi, dengan kesaktian yang dimiliki, akhirnya Sang Prabu berhasil memenangkan oertatungan tersebut.

Berbekal kemenangan inilah, akhirnya persahabatan antara maung bodas dengan Prabu Siliwangi mulai terjalin. Penguasa bangsa jin, khususnya maca putih ini tunduk terhadap kekuasaan Prabu Siliwangi dan memberikan pusaka yang ia miliki berupa kulit harimau sakti. Konon katanya, dengan ousaka tersebut Sang Prabu memiliki kemamouan menghilang, terbang, bahkan berjalan dengan cepat layaknya angin yang berhembus.

Menariknya lagi, dengan pusaka kulit harimau sakti tersebut kesaktian Prabu Siliwangi pun bertambah yakni mampu memerintahkan bala tentara yang berasal dari makhluk astral, jin, juga siluman. Berbekal kesaktian yang semakin mumpuni dan mandraguna, ditambah sekarang macan putih telah bersekutu dengan Pajajaran, maka Prabu Siliwangi pun mulai meluaskan pengaruh dan kekuasaan dari Pajajaran tidak hanya di Tanah Pasundan saja.