Inilah Pusaka Prabu Siliwangi dan Kian Santang

Inilah Pusaka Prabu Siliwangi dan Kian Santang – Di tanah sunda siapa yang tidak mengenal akan sosok Prabu Siliwangi, yang merupakan seorang raja yang melegenda sampai hari ini bahkan masih di sakralkan di tanah Sunda.

Prabu Siliwangi dikenal sebagai Raja Pajajaran yang mempunyai kekuatan yang tidak tertanding oleh siapapun. Pada masanya konon katanya Raden pemanah rasa yang terkenal dengan Prabu Siliwangi ini seorang raja yang bijaksana dan tegas serta terkenal akan ilmu kanuragan dan benda pusaka yang dimilikinya. Tidak hanya itu juga Prabu Siliwangi terkenal akan banyaknya anak buah dari alam gaib, seperti macan gaib yang sudah berhasil ditaklukannya.

Dari pernikahan Prabu siliwangi dengan Nyai Subanglarang lahirlah tiga orang anak yang salah satunya adalah Raden Kian Santang. Gagak Lumayung atau yang dikenal dengan Raden Kian Santang merupakan sosok yang ksatria Pajajaran yang terampil ilmu beladiri.

Selain sebagai seorang putra raja Raden Kian Santang pun sebagai seorang Senopati atau seorang panglima yang tangguh, pemberani dan kuat. Setelah Raden Kian Santang memeluk agama islam beliau berganti nama menjadi Syekh Rohmat Suci;

Ada banyak cerita yang bertebaran tentang kebenaran sosok Raden Kian Santang, namun di Godog Garut terdapat benda pusaka Prabu Siliwangi dan Kian Santang, pusaka yang dipercayai masyarakat sebagai peninggalan di masa lalu yang sudah berumur ratusan tahun yang dijaga dan dirawat dengan baik.

Peninggalan tersebut berupa golok, pedang, keris, dan yang lainnya yang tersimpan dengan baik dalam senuah kotak atau peti yang di bungkus dengan kain berwana hijau dan disebut dengan kandaga.

Kandaga berasal dari bahasa sunda yang artinya peti kecil. Kandaga terbuat dari kayu dan baigan atasnya di tutupi dengan kain hijau yang disimpan di sebuah ruangan di samping makan Raden Kian Santang.

Pada setiap satu tahun sekali akan diadakan upacara adat ngalungusur pusaka yang artinya membersihkan benda pusaka pada saat diselenggarakannya peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Upacara ini tidak bertujuan untuk penyembahan suatu benda, namun dilakukan hanya untuk melestarikan warisan budaya agar tidak rusak. Benda-benda pusaka Prabu Siliwangi dan Kian Santang, berupa pusaka peningalan dari Syekh Sunan Rochmat Suci atau Raden Kian Santang diantaranya adalah :

  • Pusaka tanduk dengan bentuk terompet yang digunakan sebagai pemberitahuan atau untuk mengajak masyarakat agar segera hadir apabila diadakan musyawarah dengan cara ditiup sehingga menimbulkan suara yang khas.
  • Pecut, cemeti dan rante yang digunakan untuk mengukur waktu agar bisa mengetahui kapan ibadah shalat untuk dikerjakan.
  • Gunting berukuran kecil yang disebut dengan babango yang digunakan sebagai alat khitan atau untuk memotong sedikit bagian dari kelamin laki-laki sebagai salah satu syarat menjadi seorang muslim.

Berikut ini merupakan beberapa benda pusaka Prabu Siliwangi dan Kian Santang, berupa pusaka peningalan Prabu Siliwangi yang tersohor akan kehebatannya, diantaranya:

Kujang Macan Putih

Kujang ini lebih banyak dikenal dengan nama macan putih siliwangi yang merupakan salah satu pusaka koleksi Prabu Siliwangi. Khodam macan putih yang terdapat pada kujang macan putih tersebut merupakan salah satu abdi dari Prabu Siliwangi.

pusaka kujang macan putih

Pusaka Kujang Alam Gaib

Pusaka kedua peninggalan Prabu Siliwangi yaitu pusaka kujang alam gaib. Seperti pada umumnya, bentuk pusaka kujang alam gaib tidak jauh berbeda dengan bentuk kujang yang lainnya. Pusaka yang dibuat pada zamannya ini belum mengalami penyempurnaan.

kujang siliwangi asli kuno

Mustika Dewi Kembang

Mustika Dewi kembang ini merupakan salah satu mustika yang dimiliki oleh Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi pada saat itu merupakan sosok raja yang terkenal akan aura dan kewibawaan serta pesonanya bagi kaum wanita. Rahasia yang terpendam merupakan energi dari batu mustika kembang yang dimilikinya.

khasiat mustika dewi kembang

Mustika Macan Kembar

Pusaka Prabu Siliwangi dan Kian Santang, berupa mustika macan kembar. mustika macan kembar ini di dalmnya terdapat macan putih. Mustika macan kembari ini bermanfaat untuk penyembuhan dan pengasihan.

mustika macan kembar siliwangi

Keris Naga Runting

Peninggalan selanjutnya yaitu Keris Naga Runting yang sangat indah dengan bilah yang berbentuk naga dengan gagang yang berbentuk manusia. Konon katanya keris ini merupakan senjata yang digunakan untuk bertempur oleh Prabu Siliwangi.

keris naga runting prabu siliwangi

Kujang Tiga Serangkai

Prabu Siliwangi memerintahkan Eyang Jaya Perkasa untuk membuat tida senjata keramat yang merupakan senjata kujang yang di tiap pegangannya diberi bentuk harimau dengan warna yang berbeda.

Kujang pertama berwarna hitam yang dibuat dari batu meteor yang jatuh dari langit. Kujang kedua berwarna kuning yang dibuat dari api yang dibekukan menjadi besi kuning. Kujang ketiga berwarna putih yang dibuat dari besi biasa namun sebelumnya direndam oleh air suci sehingga warnanya berubah menjadi putih mengkilat.

kujang tiga serangkai

Itu dia beberapa peninggalan dari pusaka Prabu Siliwangi dan Kian Santang yang bisa kita jadikan sebagai ilmu pengetahuan untuk menambah pengetahuan tentang sejarah dahulu.