Bukan Cincin Pusaka Prabu Siliwangi, Inilah Pusaka yang Dipercaya Milik Siliwangi

Bukan Cincin Pusaka Prabu Siliwangi, Inilah Pusaka yang Dipercaya Milik Siliwangi – Tentu sudah banyak yang tidak asing lagi dengan nama Prabu Siliwangi. Ia merupakan salah seorang Raja Pajajaran yang cukup terkenal bukan hanya di tanah Pasundan tapi juga hingga ke wilayah lainnya. Sebagai salah seorang raja yang cukup melegenda di tanah Pasundan, nama Prabu Siliwangi masih cukup dihormati hingga kini.

Prabu Siliwangi dikenal oleh masyarakat Pasundan sebagai seorang raja yang tegas, adil, dan juga bijaksana dalam memerintah. Menurut kepercayaan masyarakat setempat pula, pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi mampu menciptakan suasana yang aman, damai, dan juga tentram. Oleh karenanya tak mengherankan apabila banyak masyarakat Sunda yang menobatkan Prabu Siliwangi sebagai salah satu raja terbaik di tanah Pasundan.

Selain dipercaya memiliki pemerintahan kerajaan yang cukup baik, masyarakat Pasundan juga percaya bahwa Prabu Siliwangi memiliki kesaktian dan ilmu kanuragan yang cukup kuat. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat tersebut yang mempercayai bahwa Prabu Siliwangi memiliki pusaka-pusaka legendaris.

Banyak pihak yang meyakini bahwa pusaka-pusaka yang ditinggalkan oleh Prabu Siliwangi memiliki kesaktian yang cukup mumpuni. Bukan cincin pusaka Prabu Siliwangi namun beberapa benda berikut dipercaya oleh masyarakat sebagai beberapa pusaka legendaris yang dimiliki oleh Sang Raja dari tanah Pasundan tersebut.

Kujang Macan Putih Prabu Siliwangi

Banyak mitos atau kabar yang beredar di masyarakat Sunda bahwa Prabu Siliwangi memiliki kesaktian gaib yang cukup tinggi. Selain itu, Prabu Siliwangi juga dipercaya gemar untuk melakukan meditasi atau bertapa untuk mencari kesaktian. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, salah satu benda pusaka yang dimiliki oleh Prabu Siliwangi adalah Kujang Macan Putih yang konon menjadi salah satu benda pusaka sejak zaman Kerajaan Siliwangi.

Kujang merupakan salah satu senjata tradisional khas dari wilayah Jawa Barat. Biasanya senjata ini dibuat dengan menggunakan besi ataupun baja dan memiliki panjang sekitar 20 cm hingga 25 cm. Kujang menjadi salah satu pusaka atau senjata khas dari tanah Pasundan dan memiliki bentuk yang beragam sesuai dengan jenisnya.

Khusus untuk Kujang Macan Putih yang konon dimiliki oleh Prabu Siliwangi ini didapatkan dengan cara yang unik. Menurut cerita turun-temurun yang beredar di kalangan masyarakat, Kujang Macan Putih ini didapatkan setelah Prabu Siliwangi bertempur dengan Harimau Putih jadi-jadian di suatu tempat ketika Siliwangi melakukan pengembaraan.

Macan Putih atau yang dalam bahasa Sunda dikenal sebagai Maung Bodas pun kalah dan akhirnya menjadi abdi dari Prabu Siliwangi. Dengan ditemani Maung Bodas inilah yang membuat Prabu Siliwangi menjadi semakin tersohor di tanah Pasundan. Menurut legenda yang beredar luas pun pada akhirnya Prabu Siliwangi menyuruh Maung Bodas untuk ‘bersemayam’ pada salah satu kujang berkepala harimau yang menjadi pusakanya.

Keris Naga Runting Yang Dipercaya Milik Prabu Siliwangi

Hingga kini belum ada informasi yang valid tentang kemungkinan adanya cincin pusaka Prabu Siliwangi. Namun, terdapat benda lain yang dipercaya oleh masyarakat sebagian masyarakat Sunda sebagai salah satu benda pusaka penting peninggalan Prabu Siliwangi. Benda tersebut adalah Keris Naga Runting. Sesuai dengan namanya, pusaka ini merupakan senjata yang diyakini memiliki bentuk seperti keris.

Konon katanya, keris Naga Runting merupakan salah satu senjata yang dimiliki oleh prabu siliwangi dan memiliki bentuk yang cukup indah dan menawan. Tidak sedikit dari sebagian orang yang meyakini bahwa keris Naga Runting ini memiliki bentuk bilah yang menyerupai bentuk naga dengan gagang yang memiliki bentuk berupa manusia. Dari cerita yang beredar di Masyarakat, konon keris Naga Runting merupakan salah satu senjata tempur miliki Siliwangi.

Mustika Dewi Kembang

Tidak banyak informasi yang menyebutkan tentang adanya kemungkinan cincin pusaka Prabu Siliwangi. Namun sebagian masyarakat mempercayai bahwa Prabu Siliwangi memiliki pusaka lain dalam bentuk mustika. Konon mustika ini bernama Mustika Dewi Kembang. Sebagai seorang Raja, tidak bisa dipungkiri bahwa Siliwangi dipercaya memiliki aura, wibawa, dan juga pesona yang memadai.

Sebagai seorang Raja, tidak mengherankan apabila Prabu Siliwangi diyakini memiliki kesaktian dan juga berbagai pusaka yang menyertainya. Cerita yang beredar secara luas di masyarakat menyebutkan bahwa Raja yang berasal dari tanah Pasundan ini merupakan salah satu raja yang sakti mandraguna dan pilih tanding yang tersohor hingga ke berbagai wilayah.

Dari sekian banyak jenis benda pusaka yang dianggap sebagai peninggalan Prabu Siliwangi, hingga kini belum ada informasi yang jelas mengenai senjata dalam bentuk cincin pusaka Prabu Siliwangi. Mungkin dari berbagai jenis pusaka yang dipercaya milik Siliwangi, Kujang Macan Putih sepertinya menjadi pusaka yang cukup banyak dianggap sebagai senjata utama Siliwangi. Oleh karena itu, tak jarang jika terdapat lukisan yang menyandingkan Prabu Siliwangi dengan Harimau Putih.

Koleksi Pusaka Peninggalan Prabu Siliwangi, Silahkan cek pada halaman depan website ini – KLIK DI SINI